Laman

Rabu, 08 April 2009

MEREKA TIDAK SHALAT

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Iya memang shalatku belum bisa dikatakan sepenuhnya khusyu'. Tapi saya pikir mengungkapkan pendapatku tentang mereka yang tidak shalat, bukan sesuatu yang salah. Dengan niat amar ma'ruf nahi munkar, mengajak kepada kebenaran dan mencegah kejelekan semampuku.
Sungguh prihatin manakala yang saya sampaikan kepada para siswa tentang kewajiban shalat bertentangan dengan kenyataan yang mereka lihat di lingkungannya. Pasalnya, orang yang sepatutnya mereka anggap harus shalat ternyata tidak shalat. Ironis, bapak ibunya sendiri juga tidak shalat padahal mereka juga Islam.
Yang saya bisa katakan kepada mereka adalah perlunya keteguhan hati untuk tidak meniru perilaku orang yang mereka hormati yang perilaku tersebut bertentangan dengan Islam. Jadilah diri sendiri. Biarkan mereka yang tidak shalat menanggung dosanya sendiri. "Emang kalian juga mau berdosa?" jawab saya dengan kalimat bertanya kepada para siswa.
Tiba-tiba muncul pertanyaan dari seorang siswa, "Bolehkah kita meminta orang tua kita yang tidak shalat supaya melaksanakan shalat?"
Saya jawab boleh, tapi tidak boleh dengan kata-kata yang kasar, harus dengan halus. boleh dengan sindiran....
Semoga menjadi renungan
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar: