Laman

Selasa, 01 Januari 2013

PERAYAAN TAHUN BARU 2013

Sumber Foto:
http://pesanggaran4.blogspot.com/2012/12/kartu-ucapan-selamat-tahun-baru-2013.html



Tahun 2012 berakhir dan berganti 2013. Sedangkan untuk kalender Islam sudah tahun 1434. Perayaan tahun baru Islam berbeda dengan tahun baru masehi/miladiyah. Perayaan tahun baru Islam bersifat taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah SWT). Tetapi jarang ditemukan perayaan tahun baru masehi/miladiyah diisi dengan kegiatan ketakwaan. 

Tidak ada yang istimewa sebenarnya dalam perayaan tahun baru masehi/miladiyah. Hanya ramai-ramai sekadar katarsis (usaha meluapkan kegetiran hati). Beragam caranya dan yang paling nikmat tentu hura-hura. 

Hura-hura masih dapat diterima bila tidak melanggar hukum positif ataupun hukum Tuhan. Masalahnya, tidak semua orang taat beragama dan patuh hukum negara. 

Gerusan budaya asing yang diasumsikan tidak selamanya sesuai dengan budaya Indonesia, telah menghegemoni (baca: menjajah) kita. Sayangnya, kita ~termasuk saya~ menikmati penjajahan budaya itu. 

Waba'du, semoga setiap perayaan tahun baru di Indonesia dapat dilaksanakan dengan tertib, aman, lancar, dan tidak melanggar hukum positif serta hukum Tuhan. 

#Selamat Tahun Baru 2013!#




Tidak ada komentar: