Laman

Sabtu, 10 Desember 2011

TAHAN BAB SELAMA 2 HARI

Pak Inggi Paling Kiri, Pak Camat bertopi, aku bertopi berkacamata
di bagian belakang nomor 3, dan kawan-kawan
KKN yang berpose sesaat setelah kerja bakti di Desa
 Gerdu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara tahun 2002.
Sumber: Dokumen Pribadi.
 
Kepanjangan KKN pada zaman almarhum Gus Dur menjadi presiden adalah Kanan Kiri Nuntun. Karena harus ada orang yang menuntun saat Gus Dur berjalan. Kepanjangan KKN dalam konteks politik ketatanegaraan adalah Korupsi Kolusi dan Nepotisme. Satu tindakan negatif penyelenggara negara yang menambah derita warga miskin. Kepanjangan KKN bagi mahasiswa adalah Kuliah Kerja Nyata. Satu tugas kemasyarakatan mahasiswa yang harus dilaksanakan agar dapat lulus sarjana strata 1.

KKN ketigalah yang akan dibahas di sini. Bukan masalah keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program KKN yang akan diuraikan. Sama sekali bukan. Tetapi masalah sepele tapi membuat kami harus menahan diri hingga 2 hari. Masalah buang air besar (BAB).

Saat aku dan kawan-kawan (baca: kami) tiba di desa lokasi KKN, desa Gerdu kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, sudah sewajarnya bila kami harus BAB demi kesehatan. Namun dasar kami pemalu maka BAB harus ditunda selama 2 hari dari kedatangan kami. Pasalnya, WC di rumah Pak Inggi / Pak Kades terletak di luar rumah bagian kebun belakang. Bangunannya terdiri WC dan ditutup dengan bilik rumbia ukuran 1 X 1 meter tanpa atap. Kalau hujan pakai payung atau menunggu hujan reda. Air harus diambilkan dari kamar mandi dibawa dengan timba. Sampai di sini tidak ada persoalan. 

Hingga tiba soal pintu yang ternyata sengaja dan aslinya memang tidak ada. Betul-betul WC tanpa pintu. Bagi desa itu sangat biasa. Tapi bagi kami membuat prihatin,, hehehe... Pak Inggi sungguh bijaksana. Beliau tahu masalah kami. Sebelumnya kami matur bahwa kami malu kalau harus BAB tanpa pintu. Aku sih sebenarnya tidak terlalu malu, tapi bagi kawan KKN ku yang perempuan. Takut ada yang mengintip. Akhirnya Pak Inggi membuatkan pintu bilik WC itu. Masalah selesai dan terkuraslah isi perut kami dari kotoran setelah disimpan selama 2 hari.

#cerita aneh#  

Tidak ada komentar: